Cegah Investasi Bodong Galeri Investasi Fisip dan BEI Sultra Edukasi Mahasiswa
Jumat, 27 September 2024

Cegah Investasi Bodong Galeri Investasi Fisip dan BEI Sultra Edukasi Mahasiswa

Dalam rangka meningkatkan literasi keuangan masyarakat, Galeri Investasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Haluoleo (UHO) dan Bursa Efek Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan Seminar Nasional bertajuk “Meningkatkan Literasi Keuangan tentang Pasar Modal dan Investasi Aman” di Aula Bahtiar FISIP UHO. Kegiatan ini dihadiri dosen dan mahasiswa. 

Seminar ini dilatarbelakangi tingginya angka investasi bodong di Indonesia yang merugikan banyak pihak. Dengan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menunjukkan tingkat literasi keuangan nasional hanya mencapai 49,68% pada tahun 2023, pihak penyelenggara menyadari perlunya edukasi dan pemahaman yang lebih baik tentang produk keuangan dan investasi.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari lembaga-lembaga terkait, antara lain SIPF, BEI Perwakilan Sulawesi Tenggara, OJK Perwakilan Sulawesi Tenggara, dan MNC Sekuritas Perwakilan Sulawesi Tenggara. Para narasumber menyampaikan materi dengan harapan peserta seminar dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih luas mengenai pasar modal serta investasi yang aman.

Dekan FISIP UHO, Prof. Eka Suaib mengatakan kegiatan ini untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang lebih dalam mengenai literasi keuangan khususnya di pasar modal, sehingga masyarakat dapat menjadi investor yang bijak dan cerdas dalam mengambil keputusan investasi. Ia berharap, peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan tetapi juga mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif di pasar modal.

Panitia kegiatan, Bakti berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan literasi keuangan di kalangan mahasiswa, sekaligus mencegah praktik investasi bodong yang merugikan. Dengan pemahaman yang lebih baik, mahasiswa diharapkan dapat lebih kritis dalam mengevaluasi peluang investasi dan waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan investasi.

Bagikan ke
atau copy link ini